situs karangkamulyaan

Posted by Suci Permatasari at 21.38
lagi-lagi telat ya menulis post ini pergi bulan desember post bulan februari tidak apa-apa daripada tidak post.

situs karangkamulyaan  terletak di daerah desa Karangkamulyan, Cijeungjing,Ciamis Jawabarat. Indonesia


tempat ini konon katanya ini adalah peninggalan kerajaan galuh
berdiri sekitar abad 7 masehi.

okay mari kita telusuri tempat ini




situs pertama


Bangunan  yang pertama yang dikunjungi yaitu pancalikan (singsana), pancalikan dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bekas duduk.






 batu pelingih.





Tempat kedua 
second place

  Sanghyang bedil dipergunakan sebagai tempat menyimpan senjata. Tempat ini berukuran tembok berukuran 6,20 x 6 meter. Tinggi tembok kurang lebih 80 cm. Di dalamnya terdapat dua buah menhir yang terletak di atas tanah, masing-masing berukuran 60 x 40 cm dan 20 x 8 cm.



 tempat ketiga

third place
area adu ayam






Tempat ke empat
Lambang peribadatan


Batu yang digunakan jenis stupa, dipakai sebagai tempat sembahyang zaman kerajaan galuh. Letak batu ini berada di dalam struktur tembok yang berukuran 3 x 3 x 0.6 m. Batu ini ada yang menyebutnya fragmen dari candi.

 



Tempat kelima
fifth place




Terdiri atas sebuah menhir dan dolmen, letaknya dikelilingi oleh batu bersusun yang merupakan struktur tembok. Menhir berukuran tinggi 120 cm, lebar 70 cm, sedangkan dolmen berukuran 120 x 32 cm. Batu menhir digunakan sebagai setelah permaisuri melahirkan memulihkan stamina dan darah putih tidak mengenai mata. Tempat ibunda Ciung wanara menyandar setelah melahirkan ciung wanara. Mitos yang beredar di masyarakat, jika wanita yang belum dikarunai keturunan, maka bersandarlah pada batu tersebut.




Tempat keenam
  sixth place





Suatu sumber mata air satu-satunya dikerajaan galuh. pertemuan antara dua sungai, yaitu sungai Citanduy dan sungai Cimuntur. Sumur ini adalah sumur abadi karena tidak pernah kering sepanjang tahun.  Bangunan ini dahulu digunakan sebagai tempat mandi permaisuri kerajaan galuh.


 Tempat ketujuh


Pamangkonan  bekas tempat penyimpanan harta kekayaan selain itu terdapat batu yang diangkat jika mempunyai masalah agar diringankan mengangkat batu ini sumber lain mengatakan jika batu ini memberikan rezeki. Batu ini juga disebut Sanghyang Inditinditan dahulu ditemukan di Sungai Citanduy. - 



 
 

eighth place
tempat kedelapan

Makam Adipati Panaekan  yaitu peninggalan adipati panaekan yang sudah menganut agama islam dialah  bupati pertama Galahtengah nama sebelum ciamis. Galah tengah diruntuhkan oleh mataram dibunuh oleh adik iparnya karena salah paham


jika saja dikelola dengan baik maka wisata ini sangat pontensial begitu baik

0 comments:

 

catatan suci Copyright © 2012 Design by Junaid Ahmed TechOpti